Teknologi Nano Dalam Bidang Kesehatan

Teknologi Nano Dalam Bidang Kesehatan – – Nanoteknologi mengubah banyak hal pada skala atom dan molekul. Diameter suatu atom berkisar dari atom terkecil yaitu 62 pikometer untuk atom Helium hingga atom terbesar 520 pikometer yaitu atom Cesium, sedangkan gabungan beberapa atom membentuk molekul berukuran nano. Definisi awal nanoteknologi mengacu pada tujuan penggunaan teknologi untuk memanipulasi atom dan molekul guna menciptakan produk berskala besar. Definisi paling umum adalah manipulasi material dengan dimensi lebih besar dari 100 nanometer. Salah satu aplikasi utama nanoteknologi adalah nanopartikel, yang digunakan untuk membuat obat atau senyawa.

Terdapat sekitar 800 produk nanoteknologi yang tersedia, dengan 1 produk baru muncul setiap 3-4 minggu. Banyak aplikasi terbatas pada penggunaan bahan nano “generasi pertama”, termasuk titanium dioksida dalam tabir surya, kosmetik, kosmetik dan produk makanan lainnya, perak dalam kemasan makanan, pakaian, disinfektan dan pembersih rumah tangga, serta seng oksida dalam tabir surya dan kosmetik. , pelapis akhir, cat dan pernis untuk furnitur; dan cerium oksida sebagai sumber bahan bakar. Nanoteknologi memungkinkan perangkat medis modern menjadi lebih murah dan nyaman digunakan.

Teknologi Nano Dalam Bidang Kesehatan

Teknologi Nano Dalam Bidang Kesehatan

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia telah mengembangkan nanoteknologi sejak tahun 2000an, namun belum mengkomersialkannya. Kendala utama perkembangan nanoteknologi di Indonesia adalah kurangnya peralatan pengukuran bahan nano (metrologi). Bambang Subianto, Kepala Pusat Inovasi LIPI, mengatakan perkembangan nanoteknologi di Indonesia sudah berlangsung selama 13 tahun, sehingga situasi saat ini adalah komersialisasi produk nanomaterial berdasarkan kegiatan penelitian.

Dasar Dan Penerapan Nanoteknologi Di Bidang Kedokteran

Nanopartikel adalah partikel berukuran antara 1 dan 100 nanometer. Dalam nanoteknologi, partikel didefinisikan sebagai zat kecil yang berfungsi secara keseluruhan ditinjau dari sifat dan transpornya. Partikel diklasifikasikan berdasarkan diameternya. Partikel ultrahalus mirip dengan nanopartikel dan ukurannya berkisar antara 1 hingga 100 nanometer, partikel halus berkisar antara 100 hingga 2.500 nanometer, dan partikel kasar berukuran antara 2.500 hingga 10.000 nanometer.

Teknologi Nano Dalam Bidang Kesehatan

Penelitian ilmiah tentang nanopartikel sangat bermanfaat karena memiliki banyak potensi penerapan dalam bidang kedokteran, fisika optik, dan elektronik. Istilah “nanopartikel” biasanya tidak diterapkan pada molekul tunggal, yang biasanya mengacu pada benda mati.

Nanopartikel menjadi jembatan antara material curah dan struktur atom atau molekul. Sebagian besar material harus memiliki sifat fisik yang tidak berubah berapa pun ukurannya, namun sifat yang bergantung pada ukuran sering kali diamati pada skala nano.

Teknologi Nano Dalam Bidang Kesehatan

Obat Mutakhir Lymfosit T Nano Isa Robotik Berhasil Menyembuhkan Pasien Positif Covid 19

Oleh karena itu, sifat-sifat material berubah ketika ukurannya mendekati skala nano dan ketika persentase luas permukaan dalam kaitannya dengan fraksi volume material menjadi signifikan. Untuk sebagian besar material yang lebih besar dari satu mikrometer (atau mikron), persentase luas permukaan dapat diabaikan dibandingkan dengan volume sebagian besar material. Dengan demikian, sifat nanopartikel yang menarik dan terkadang tidak terduga disebabkan oleh luas permukaan material yang besar, yang mendominasi kontribusi kecilnya ukuran partikel material.

Nanopartikel padat dan fleksibel telah dikembangkan. Nanopartikel semi-padat adalah liposom. Berbagai nanopartikel liposom saat ini digunakan sebagai sistem pengiriman obat dan vaksin antikanker.

Teknologi Nano Dalam Bidang Kesehatan

Partikel nano yang setengah hidrofilik dan setengah hidrofobik disebut partikel Janus dan sangat efektif dalam menstabilkan emulsi. Mereka mampu berkumpul sendiri pada antarmuka air/minyak dan bertindak sebagai surfaktan padat. Teknologi penghantaran obat terkontrol merupakan salah satu ilmu yang mencakup metode penelitian ilmiah lain dan memberikan kontribusi terhadap peningkatan kehidupan manusia. Desain

Pdf) Nano Dalam Kehidupan Sehari Hari

Obat-obatan dan pemberian obat yang terkontrol telah digunakan untuk meningkatkan indeks terapeutik obat dengan meningkatkan lokalisasinya pada organ, jaringan tertentu dan mengurangi kemampuannya untuk menyebabkan toksisitas atau efek samping di area yang biasanya ringan.

Teknologi Nano Dalam Bidang Kesehatan

Contoh lainnya adalah dalam pengobatan kanker, agen kemoterapi mempunyai efek toksik pada sel tumor dan sel normal lainnya; Pengiriman obat yang terkontrol ke tempat kematian memungkinkan peningkatan dosis untuk meningkatkan efektivitas terapeutiknya.

Penghantaran obat terkontrol melibatkan penggabungan obat dengan sistem penghantaran yang akan mempengaruhi sifat farmakokinetik dan distribusi obat.

Teknologi Nano Dalam Bidang Kesehatan

Nanotech Kathasi: Pertanian Berbasis Nanoteknologi Untuk Menghadapi Industrial Revolution 4.0 Halaman 2

Oleh karena itu, teknologi nanopartikel yang digunakan saat ini menjanjikan peningkatan efektivitas obat. Distribusi pembawa ini dapat dikendalikan dengan mengendalikan ukuran dan sifat permukaannya. Sistem partikel yang mengangkut obat ditandai dengan mempertimbangkan jumlah obat yang teradsorpsi sehingga efek pelepasan obat yang terkontrol sama baiknya dengan efek perlindungan obat dari penguraian.

Tujuan utama perancangan nanopartikel sebagai sistem penghantaran obat adalah untuk mengontrol ukuran partikel, kualitas permukaan dan pelepasan zat aktif sehingga diperoleh aktivitas farmakologis spesifik obat sesuai dosisnya. Keuntungan menggunakan nanopartikel sebagai sistem penghantaran obat meliputi:

Teknologi Nano Dalam Bidang Kesehatan

Taylor, Robert; Coulomb, Sylvain; Ohtanikar, Todd; Phelan, Patrick; Hunavan, Andriy; Lv,        Wei; Rosengarten, Gary; Prasher, Ravi; Tyagi, Himanshu (2013). “Partikel Kecil, Konsekuensi Besar: Tinjauan Berbagai Jenis Nanofluida.” Nanoteknologi merupakan suatu ilmu atau teknologi yang mempelajari benda-benda yang sangat kecil atau berukuran sepermiliar meter dan kemudian digunakan untuk menghasilkan sesuatu yang baru dengan ciri-ciri khusus sesuai dengan yang diinginkan.

Orasi Puncak Dies Natalis, Fakultas Mipa Hadirkan Pakar Nanotech Indonesia

Ada beberapa produk perawatan kulit atau kecantikan yang mengandung nanoteknologi. Memang nanoteknologi tidak hanya digunakan dalam dunia ilmu pengetahuan saja, namun juga dalam bidang kecantikan dan kesehatan, dimana nanoteknologi berfungsi untuk menunjang sistem kesehatan dan meningkatkan efektivitasnya bagi kulit dan tubuh.

Teknologi Nano Dalam Bidang Kesehatan

Di bidang kesehatan sendiri, nanoteknologi dapat menciptakan “mesin nano” yang ditanamkan ke dalam tubuh yang berfungsi memperbaiki sel atau organ yang rusak. Bagi penderita darah tinggi atau tekanan darah tinggi, kabar baiknya adalah berkat nanoteknologi, pasien tidak perlu lagi melakukan suntikan atau obat-obatan, menyemprotkannya pada bagian tubuh tertentu, dan masalah tersebut dapat diatasi. Nanoteknologi sendiri dalam perkembangannya mencakup skala nanometer yang biasanya berkisar antara 0,1 hingga 100 nm.

Dalam perkembangan industri farmasi, seiring berjalannya waktu, nanoteknologi mulai digunakan untuk meningkatkan kualitas produksi dan keamanan produk.

Teknologi Nano Dalam Bidang Kesehatan

Webinar Pemanfaatan Data Dalam Pelayanan Kesehatan

Terbukti produk yang menggunakan teknologi ini lebih cepat diserap tubuh dibandingkan produk yang tidak menggunakan teknologi ini. Misalnya, suatu produk yang terbuat dari ginseng, namun dibuat dengan teknologi nano, akan menghasilkan kandungan “ginsenoside”, yang dikenal juga dengan persentase ginseng berenergi tinggi.

Sementara itu, BPOM sendiri telah menetapkan kontrol ketat terhadap nanoteknologi yang digunakan pada produk kesehatan. BPOM memantau produk yang mengatasnamakan penggunaan teknologi tersebut karena dikhawatirkan akan terjadi penipuan jika tidak menggunakan teknologi tersebut.

Teknologi Nano Dalam Bidang Kesehatan

Pengenalan nanoteknologi untuk kesehatan merupakan salah satu cara untuk memfasilitasi pengobatan pasien dengan riwayat kesehatan tertentu. Misalnya pada pasien yang membutuhkan pengobatan kanker, kemoterapi akan memberikan efek toksik baik pada sel tumor maupun sel normal lainnya, sehingga pemberian obat akan dikontrol oleh area penyakit yang memerlukan peningkatan dosis. meningkatkan efek pengobatan.

Gunakan Teknologi Nano, Lima Mahasiswa Ub Ini Ciptakan Serum Alami Dari Kolagen Kulit Kelinci Dan Temu Giring

Padahal, persediaan obat akan dibatasi oleh sifat obat dan penyakit yang diderita. Oleh karena itu, diperlukan obat-obatan yang diproduksi dengan menggunakan teknologi ini. Pasalnya, sifat obat mampu menembus sistem saraf dan juga mampu melepaskan efek obat dari kerusakan.

Teknologi Nano Dalam Bidang Kesehatan

Konsep penargetan obat dan pemberian obat terkontrol telah digunakan untuk meningkatkan indeks terapeutik obat dengan meningkatkan lokalisasi obat pada organ tertentu, sel jaringan dan mengurangi kemampuannya menyebabkan toksisitas atau efek samping pada area masalah umum.

Teknologi pemberian obat dengan cara yang lebih terkontrol adalah mempersiapkan organ dan jaringan tubuh tertentu agar tidak terjadi toksisitas atau efek samping yang dapat menimbulkan akibat negatif bagi pasien.

Teknologi Nano Dalam Bidang Kesehatan

Cara Beli Dan Profil Saham Nano

Jelas bahwa nanoteknologi merupakan revolusi yang akan datang dalam dunia kedokteran dan pelayanan kesehatan, dengan banyak manfaat di bidang pelayanan kesehatan.

Sebagai perusahaan AR dan VR ternama di Indonesia juga memiliki beragam produk dan layanan AR dan VR yang dapat sukses untuk segala kebutuhan pemasaran atau kebutuhan perusahaan lainnya. Selain itu, kami juga mengembangkan berbagai aplikasi dan software yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan seluruh industri yang ada. Ingin mempelajari lebih lanjut tentang AR dan VR? Hubungi kami di sini Baik di rumah sakit pemerintah maupun swasta, teknologi digital telah menjadi landasan dalam meningkatkan kualitas layanan kepada pasien. Misalnya, teknologi kedokteran telah menjadi alat penting bagi dokter, perawat, dan tenaga medis pada umumnya.

Teknologi Nano Dalam Bidang Kesehatan

Model teknologi kesehatan mengubah dunia pelayanan kesehatan di berbagai layanan. Misalnya saja bagi rumah sakit, penggunaan teknologi digital meningkatkan tingkat pengobatan penyakit dan memberikan kepercayaan diri pasien dalam menunggu pengobatan.

Nanoteknologi Pangan: Manfaat & Tantangan

Sebenarnya kedua keunggulan utama ini terbagi dalam banyak subbagian contoh teknologi yang digunakan. Lihat daftar di bawah ini untuk mempelajari lebih lanjut:

Teknologi Nano Dalam Bidang Kesehatan

Manfaat kesehatan dapat dilihat pada tes pra operasi seperti CT scan atau MRI. Teknologi AR sendiri agak berbeda dengan VR, dimana AR untuk menandingi realitas yang ada masih kuat. Penggunaan AR oleh dokter akan memungkinkan diperolehnya informasi yang komprehensif tentang penyakit pasien. Salah satu alat yang ditemukan pada AR dapat berupa struktur internal pasien. Informasi yang lengkap dan akurat ini akan membantu dokter dalam menangani pasiennya.

Kecerdasan buatan berinteraksi langsung dengan pasien. Misalnya, sudah banyak aplikasi medis dengan algoritma yang menghitung lokasi dan kebutuhan pasien. Saat mencari dokter terdekat, misalnya, program akan merekomendasikan dokter dan gym yang dekat dengan calon pasien. Hal ini juga berlaku ketika pengguna membutuhkan obat tertentu. Algoritma akan berhasil menghitung lokasi sehingga obat dikirim ke apotek terdekat.

Teknologi Nano Dalam Bidang Kesehatan

Nano Teknologi, Revolusi Bidang Medis Di Masa Depan

. Faktanya, ada banyak contoh realitas virtual yang digunakan untuk meningkatkan kesehatan. Dokter dan calon dokter kini dapat menggunakan teknologi realitas virtual untuk melakukan operasi dengan cara yang lebih mendalam dan realistis. Simulator VR memungkinkan mereka dengan mudah menentukan bagian tubuh pasien yang akan dioperasi. Tentu saja cara ini akan mempercepat proses dan meningkatkan persentase kesembuhan pasien. Pada tahun 2020, situs tersebut

Dan alat pelacak kesehatan membantu kita memantau kesehatan kita secara mandiri. Contoh bagaimana kita dapat menguji diri kita sendiri dengan teknologi ini adalah tekanan

Teknologi Nano Dalam Bidang Kesehatan

Makalah teknologi informasi dalam bidang kesehatan, perkembangan teknologi bidang kesehatan, kemajuan teknologi dalam bidang kesehatan, teknologi terbaru bidang kesehatan, peranan teknologi dalam bidang kesehatan, teknologi dalam bidang kesehatan, teknologi informasi dalam bidang kesehatan, contoh teknologi di bidang kesehatan, teknologi di bidang kesehatan, teknologi bidang kesehatan, perkembangan teknologi di bidang kesehatan, teknologi dalam bidang pertanian

Tinggalkan komentar