Teknologi Ai Dalam Pendidikan

Teknologi Ai Dalam Pendidikan – Teknologi (kecerdasan buatan) AI atau kecerdasan buatan mengalami perkembangan yang sangat pesat dari tahun ke tahun. Kehadirannya, seiring dengan ciri, fungsi, dan tampilan barunya, semakin mempengaruhi banyak aspek kehidupan manusia, termasuk pendidikan (Luger dan Stubblefield, 1993). Kecerdasan buatan mulai berperan dalam kegiatan pendidikan di sekolah dan universitas (Mulianingsih et al. 2020). Kecerdasan buatan menjadi bagian integral dari pertumbuhan dan perkembangan teknologi pendidikan. Hal ini tentu akan berdampak nyata pada kehidupan kerja masyarakat di masa depan.

Berbicara mengenai teknologi pendidikan, harus kita akui secara jujur ​​bahwa teknologi tersebut belum dimanfaatkan secara maksimal dalam pengajaran. Di era yang semakin kompetitif saat ini, masih terdapat lembaga pendidikan yang belum menerapkan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar. Saat ini, sekolah seharusnya dapat memanfaatkan munculnya teknologi yang memudahkan pekerjaan guru dan siswa (Tjahyanti dkk. 2022). Sekolah dapat menggunakan aplikasi atau multimedia yang dapat mengotomatisasi tugas-tugas seperti memberikan umpan balik, memilih materi pembelajaran yang sesuai, atau menyesuaikan kurikulum dengan kebutuhan siswa.

Teknologi Ai Dalam Pendidikan

Teknologi Ai Dalam Pendidikan

Teknologi kecerdasan buatan AI terus dikembangkan oleh para ahli, sehingga dapat berkembang pesat.H. A. Simon menyatakan bahwa kecerdasan buatan (AI) adalah bidang yang memungkinkan komputer melakukan tugas yang lebih unggul daripada manusia. Knight dan Rich sependapat dengan Simon bahwa kecerdasan buatan (AI) adalah bidang ilmu komputer yang memandang komputer sebagai sesuatu yang dapat dilakukan manusia, bahkan lebih baik.

Penjelasan Singkat Tentang Ai

1. Kecerdasan buatan diasumsikan akan digunakan untuk membuat perangkat lunak atau robot yang mampu membantu manusia dalam aktivitas sehari-hari.

Teknologi Ai Dalam Pendidikan

3. Diharapkan benar-benar dapat membantu masyarakat dalam memecahkan permasalahan yang kompleks, misalnya dengan mengembangkan kalkulator pintar yang dapat menghitung dengan cepat.

2. AI tidak dapat diubah dan tidak dapat diubah. Hal ini dapat digunakan beberapa kali. Kerugian dari penerapan AI mencakup fakta bahwa meskipun AI akan bekerja tanpa kenal lelah dan terus menerus, sistem tidak akan mampu memisahkan input dari apa yang diprogram untuk dilakukannya.

Teknologi Ai Dalam Pendidikan

Gelar Kuliah Umum, Universitas Sibermu Ungkap Peran Ai Big Data Dalam Dunia Pendidikan

Setiap orang tua hendaknya berpedoman pada minat dan kemampuan masing-masing anak. Kita tahu bahwa setiap anak mempunyai ciri-ciri khusus. Jika keterampilan vokasi yang diinginkan orang tua diajarkan sejak dini, maka anak dapat mengembangkannya selama di sekolah. Salah satu keterampilan yang dapat dipelajari sejak dini adalah memantau dan mengendalikan pembelajaran Anda sendiri. Hal ini disebut juga pembelajaran mandiri (Zimmerman, 1990). sebuah sistem yang memungkinkan siswa untuk secara proaktif mengubah kemampuan mental menjadi keterampilan akademik melalui pikiran, perasaan, dan perilaku yang membantu mereka mencapai tujuan.

Pelajar atau pelajar yang dapat mengatur pembelajarannya dengan cara demikian. Rumah dan sekolah memudahkan orang tua dan guru untuk menavigasi laju kehidupan yang lebih cepat di era kecerdasan buatan. siswa dapat memahami dan mengelola keterbatasannya sendiri saat belajar. Kenyataan yang terjadi di lapangan berbeda. Meskipun keterampilan belajar mandiri mempunyai manfaat akademis (Zimmerman, 1990), banyak anak tidak memiliki kesempatan yang memadai di sekolah untuk mengeksplorasi dan mempraktikkan keterampilan ini dengan dukungan guru mereka. ketika anak-anak menggunakan aplikasi pembelajaran digital informal, seperti YouTube, Instagram atau Tiktok, mereka mungkin terlalu bebas sehingga mengakibatkan pembelajaran menjadi tidak produktif. Dapat dikatakan sekolah masih lebih menyukai teknologi pendidikan formal seperti e-book dan film animasi.

Teknologi Ai Dalam Pendidikan

Sekali lagi, kita dihadapkan pada pertanyaan apakah anak-anak kita dapat mengontrol dan mengarahkan dirinya sendiri dengan menggunakan kecerdasan buatan. Ketika Anda memilih AI, tentu memberi Anda kontrol lebih dalam proses pembelajaran. Anak secara otomatis akan menggunakan benda sehingga menghancurkan peluangnya untuk mengembangkan keterampilan belajar mandiri. Oleh karena itu, penting bagi orang tua dan guru untuk mengatur, memantau dan mengevaluasi anak agar dapat menyelenggarakan sistem pembelajaran dan menggunakan teknologi pendidikan secara bijaksana dan efektif.

Artificial Intelligence (ai) Untuk Mendukung Pembelajaran

Tantangan muncul ketika anak-anak mengembangkan keterampilan belajar mandiri dan menggunakan teknologi pendidikan. Pembelajaran mandiri menitikberatkan pada kebebasan siswa dalam mencari dan mengolah informasi. Untuk mempelajari cara menggunakan alat digital, dia mengajukan pertanyaan: “Siapa yang bertanggung jawab?” “Apakah siswa, guru, atau perangkat digital itu sendiri?” Alat pembelajaran digital mengumpulkan banyak data tentang pembelajaran, dan kecerdasan buatan (AI) dapat menggunakan informasi ini untuk mendapatkan pemahaman lebih dalam tentang proses pembelajaran.

Teknologi Ai Dalam Pendidikan

Jadi, apakah data dan algoritma kecerdasan buatan (AI) dapat digunakan untuk memberdayakan siswa dan guru? Tentu saja, untuk mencapai hal ini, siswa dan guru memerlukan keterampilan yang lebih tinggi agar dapat memanfaatkan dukungan AI secara maksimal.

Pertama, siswa dan guru harus mampu beradaptasi dengan situasi dan tugas baru seiring terjadinya perubahan sosial di era kecerdasan buatan (AI). Akan ada lebih banyak alat digital di ruang kelas, dan guru serta siswa perlu bekerja sama untuk mempelajari cara menggunakannya secara efektif.

Teknologi Ai Dalam Pendidikan

Pemanfaatan Artificial Intelligence (ai) Sebagai Asisten Guru Dalam Peningkatan Literasi Digital Di Era 4.0

Kedua, siswa dan guru harus berkolaborasi secara produktif dan efektif dengan manusia dan kecerdasan buatan. Ketika siswa bekerja dalam kelompok dengan teknologi, interaksi sosial yang positif dan keterampilan organisasi seperti perencanaan dan pemantauan penting untuk pembelajaran (Isohätälä, 2020).

Ketiga, menurut Zulkifli (2006), siswa memerlukan dukungan sosio-emosional untuk mengatasi permasalahan yang sulit. Di sinilah peran penting orang tua dan keluarga berperan dalam memberikan dukungan untuk membantu siswa memahami dan mengelola keadaan emosi dan motivasinya. Yang tidak kalah pentingnya adalah siswa perlu melakukan adaptasi lebih kecil untuk mencapai kemajuan nyata (Sobocinski dkk. 2022). Misalnya, mereka dapat mengambil inisiatif, menetapkan tujuan, dan memantau diri mereka sendiri ketika bekerja dengan orang lain dan menggunakan kecerdasan buatan (AI). Semua keterampilan dan kemampuan tersebut diperlukan untuk memberikan kebebasan bagi siswa dan guru.

Teknologi Ai Dalam Pendidikan

Ada dua pendekatan yang dapat digunakan untuk menerapkan kecerdasan buatan (AI) di lingkungan pendidikan. Pertama, mengalihkan tanggung jawab guru ke sistem AI yang bertindak sebagai guru bagi setiap siswa. Ketersediaan teknologi pintar yang menyesuaikan konten untuk setiap siswa sudah banyak digunakan di banyak ruang kelas dalam bentuk sistem guru cerdas (Moleenar, 2021). Peran alternatif kecerdasan buatan adalah untuk meningkatkan kecerdasan manusia dan membantu manusia melakukan aktivitas pembelajaran yang efektif dan efisien.

Peranan Kecerdasan Buatan (artificial Intelligence) Dalam Pendidikan

Berbagai langkah dapat dilakukan untuk menerapkan kecerdasan buatan dalam kegiatan pendidikan. Seiring berjalannya waktu, semua bidang, termasuk pendidikan, memerlukan adaptasi dan kolaborasi untuk menyelesaikan permasalahan.

Teknologi Ai Dalam Pendidikan

Internet global saat ini diciptakan sebagai sarana penyebaran informasi, pengetahuan dan gagasan tentang berbagai topik. Salah satu program yang bekerja dengan Sistem Lab, yang bekerja lebih seperti lingkungan multimedia dengan eLearning terintegrasi, adalah Virtual Mentor. Menurut artikel yang diterbitkan dalam Journal of Computer Information Systems, fungsi mentor virtual lebih efektif dibandingkan kuliah di kelas biasa (Zhang, 2004).

Jika pembelajaran berbasis inkuiri (LBA) yang disebut juga pembelajaran komunikatif tidak digunakan, maka pembelajaran komunikatif tidak akan berlangsung. Saat menggunakan LBA (streaming video server dan web server) ini akan ada dua komponen utama. Pengolahan video asli melalui kedua bagian ini akan menghasilkan query yang kemudian menjadi salah satu data query yang kemudian dapat diingat dan diproses tergantung pada intensitas query yang muncul dan perubahan video yang sedang diproses. Memiliki penasihat virtual seperti LBA membuat hubungan lebih efektif dari sudut pandang manajemen dan keuangan.

Teknologi Ai Dalam Pendidikan

Panduan Utama Untuk Ai Ruang Kelas Pada Tahun 2023

Dengan fitur asisten suara, pengguna dapat mempelajari transkripsi suara tanpa membaca. Membaca informasi yang mengaktifkan asisten suara akan berbeda dengan proses kognitif manusia, seperti menerima informasi dari suara. Dalam salah satu contoh, Voice Assistant disebutkan sebagai alat untuk memahami sudut pandang guru. Artikel ini membahas bagaimana guru memandang integrasi teknologi asisten suara di kelas, yang akan memberikan wawasan tentang pengaturan kelas di masa depan (Jean-Charles, 2018). Voice Assistant saat ini sedang dikembangkan untuk digunakan di berbagai perangkat teknologi. Di dalam kelas, fitur ini mempercepat pencarian materi tambahan oleh siswa. Memiliki asisten suara juga memungkinkan siswa mendapatkan informasi yang jelas dan akurat.

Aplikasi bernama Smart Content menawarkan data seperti prakiraan cuaca, berita terkini, peringatan, dan laporan perdagangan saham. Fitur ini memastikan pembacaan terkini dari buku-buku yang baru dirilis dan juga mencari informasi sesuai kebutuhan pembelajaran yang berlaku di bidang pendidikan. Fitur ini tersedia di aplikasi seperti Cram101, yang membagi buku teks digital menjadi beberapa bagian. Hal ini akan memudahkan pembaca – dalam hal ini pelajar – dalam menemukan informasi yang dicarinya.

Teknologi Ai Dalam Pendidikan

Penerjemah Presentasi atau Presentation Translator berguna untuk menjelaskan atau menyajikan teks dari bahasa lain ke bahasa yang Anda inginkan. Pengguna hanya perlu mendengarkan berbagai teks lisan, artikel atau buku digital tanpa harus membaca dan menerjemahkannya satu per satu. Teknologi ini memungkinkan pengguna mendengarkan pernyataan atau frasa asing dalam bahasa aslinya.

Infografik: Perbedaan Antara Manusia Dan Artificial Intelligence

Ketersediaan teknologi AI merupakan sebuah terobosan di bidang teknologi dan pembelajaran untuk memudahkan pembelajaran. Pemanfaatan teknologi secara cerdas dan terkendali dapat mempercepat pembelajaran. Munculnya teknologi kecerdasan buatan juga dapat menanamkan kemandirian pada siswa. Guru tidak mempunyai peran yang begitu dominan, namun tanggung jawabnya bersifat spesifik dalam hal menonjolkan kata kunci penting. Dasar dari setiap pemanfaatan teknologi oleh guru adalah dengan mengedepankan hakikat pengajaran, yaitu mengatur perilaku dan tingkah laku siswa. Bagi siswa, teknologi pendidikan dapat membantu mereka mengontrol dan memantau pembelajaran mereka, membantu mereka hidup dan bekerja dengan baik di masa depan.

Teknologi Ai Dalam Pendidikan

Isohätälä, J., Näykki, P. dan Järvelä, S. (2020). Timbal balik, hubungan positif, dan regulasi dalam pembelajaran kolaboratif. Penelitian Kelompok Kecil, 51(2), 229-264.

Järvenoja, H., Malmberg, J., Törmänen, T., Mänty, K., Haataja, E., Ahola, S., dan Järvelä, S. (2020, Juli). Sebuah proyek pembelajaran kooperatif untuk mendorong dan menganalisis motivasi dan regulasi emosi di kelas sains. Dalam batasan dalam pendidikan (vol. 5, hal. 111). Perbatasan Media SA.

Teknologi Ai Dalam Pendidikan

Implementasi Kurikulum Merdeka Di Era Society 5.0

Luger, George F. dan William A. Stubblefield. 1993. Struktur dan Strategi Kecerdasan Buatan untuk

Peran teknologi dalam pendidikan, teknologi ai, penggunaan teknologi dalam pendidikan, contoh teknologi ai, penerapan teknologi dalam pendidikan, manfaat teknologi dalam pendidikan, teknologi ai adalah, perkembangan teknologi dalam pendidikan, apa itu teknologi ai, teknologi pendidikan, teknologi terkini dalam pendidikan, teknologi informasi dalam pendidikan

Tinggalkan komentar